Selasa, 21 Mei 2013

Tutorial Teknik Slow Speed

Pernah tidak kita melihat foto sungai seperti salju? foto lampu seperti bintang? foto jalan yang panjang? jangan dibayang kan bahwa foto ini diambil memang pada moment yang bertepatan. Ini merupakan bermain dengan kreatifitas yang tinggi, dan pemikiran yang luas. Ya foto ini dibuat dengan sebutan Teknik Slow Speeed

Slow Speed Photography merupakan teknik fotografi yang memanfaatkan kemampuan kamera yang mampu merekam cahaya dalam waktu yang lama. Maka dari tulah waktu kita memotret suatu cahaya dengan menggunakan teknik ini, maka hasilnya akan menjadi luar biasa. Namun pada pemotretan teknik ini ada sedikit resiko, mengapa? karena pada saat kita memotret dengan teknik ini, kita menggunakan speed yang tinggi, dan penggunaan objek slow speednnya seharusnya tidak begerak. Tetapi para fotografer dapat mengakalnya engan menggunakan Tripod. Karena pada teknik ini menggunakan waktu yang lama.

Kemudian carilah temoat yang Anda anggap menarik untuk  bermain cahaya. Ini bukan berarti kita mencari lokasi yan benar-benar wah. Lokasi yang menarik bisa saja sepeti pinggir jalan, di atas jembatan penyembrangan, bahkan bisa di air terjun.

Setelah saya memaparkan penjelasannya, saya akan paparkan teknik pemotretan Slow Speed dari berbagai referensi dan  pengalaman saya:

1. ISO/ASA, disini saya menggunakan ISO rendah
2. Aperture atau Diafragma, saya menggunakan Diafragma yang kecil
3. Shutter Speed, saya memakai Speed yang lama, ini saya menggunakan 


Ini adalah contoh dari foto Slow Speed







Referensi: http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2012/12/09/serunya-bermain-slow-speed-photography-515282.html



0 komentar:

Posting Komentar